Saturday 1 October 2011

Pentingnya Komunikasi

Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". (Wikipedia)


Komunikasi berasal dari bahasa Latin communis yang berarti 'sama'. Communico, communicatio atau communicare yang berarti membuat sama (make to common). Secara sederhana komuniikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya.




Tanpa komunikasi yang efektif diantara berbagai pihak yang terlibat didalamnya, pola hubungan dalam suatu masyarakat atau suatu  organisasi tidak akan mampu melayani kebutuhan berbagai pihak dengan baik.



Komunikasi meliputi kesamaan makna, yang berarti bahwa agar manusia dapat berkomunikasi, mereka harus menyetujui definisi istilah yang dipergunakan. Sebagai contoh, kata-kata yang terdapat dalam kamus merupakan kata umum yang mana dipergunakan oleh semua orang. Selain itu, simbol juga merupakan salah satu bentuk komunikasi karena dapat mewakili atau mendekati ide yang dimaksud. 


Contoh-contoh symbol salah satunya seperti gerakan badan, suara, huruf, angka dan morse.



Dalam menjalin hubungan dengan orang yang dicintai, komunikasi merupakan hal nomor satu yang penting. Bayangkan pasangan bisa putus hanya karena komunikasi, sudah LDR ( Long Distance Relationship ), sinyal jelek ( sinyal putus kami ***** ) alhasil telpon suara putus-putus sms pending. Dan karena komunikasi yang kurang putus deh.. T_T

Contoh lainnya karena Miss Communication atau kesalahan dalam salah satu proses komunikasi akan menyebabkan tidak tercapainya tujuan atau misi yang hendak di capai. Seperti yang terjadi dalam hubungan Indonesia dengan Australia, dimana pihak Australia menganggap pernyataan Indonesia mengenai “Negara Bebas Teroris” di terjemahkan oleh Australia sebagai “Indonesia Gudang Teroris”. Hal ini menyebabkan dampak yang kurang baik dalam hubungan kedua negara tersebut. Oleh sebab itu penting untuk mempelajari berkomunikasi dengan baik.

Komponen Komunikasi :


Sender juga melakukan fungsi Reciver demikian sebaliknya. Dalam komunikasi juga terdapat kendala / halangan contohnya angin, jarak, dsb

Media dapat berupa, media Cetak, media Elektronik

Jenis komunikasi terdiri dari:

1.     Komunikasi verbal dengan kata-kata
2.     Komunikasi non verbal disebut dengan bahasa tubuh

1.     Komunikasi Verbal mencakup aspek-aspek berupa ;
  • Vocabulary (perbendaharaan kata-kata). 
  • Racing (kecepatan).
  • Intonasi suara
  • Humor: 
  • Singkat dan jelas.
  • Timing (waktu yang tepat) 


2.     Komunikasi Non Verbal
Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata  dan komunikasi non verbal memberikan arti  pada komunikasi verbal.
Yang termasuk komunikasi non verbal :

  • Ekspresi wajah
  • Kontak mata
  • Sentuhan  
  • Postur tubuh dan gaya berjalan. 
  • Sound (Suara). Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan  juga salah satu ungkapan  perasaan  dan pikiran  seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. 
  • Gerak isyarat, adalah yang dapat mempertegas pembicaraan . Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi  seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan  selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan  stress  bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress

Prinsip Dasar Komunikasi :

Prinsip 1 : Fokus pada solusi, bukan pada masalah.  pada SOLUSI.
Prinsip 2 : Ganti kata-kata Tidak Bisa menjadi Bisa. 
Prinsip 3 : Katakan apa yang anda inginkan, bukan apa yang tidak anda inginkan.
Prinsip 4 : Fokus ke depan, bukan ke masa lalu.

Untuk dapat berkomunikasi dengan baik memang tidak mudah, sebab itu mari kita sama-sama belajar ^^





0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates