Sunday 16 October 2011

Pengantar Sistem Informasi


Sistem Informasi adalah Sekumpulan orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi dan data yang saling terkait dan bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, dan pengendalian.

Data : serangkaian fakta mentah yang menyatakan kejadian (event) yang terjadi dalam organisasi atau pada lingkungan fisik, sebelum diatur dan disusun ke dalam bentuk yang dapat dimengerti dan dapan digunakan oleh manusia.

Informasi : data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki makna.





Elemen-elemen Sistem Informasi


• INPUT : menangkap atau mengumpulkan data mentah dari dalam organisasi atau dari
lingkungan.
• PROSES : mengkonversi input mentah ke dalam bentuk yang dapat dimengerti.
• OUTPUT : menyampaikan informasi yang telah diproses kepada orang atau kegiatan yang akan menggunakan.




Dukungan SI terhadap Organisasi Bisnis
1. Menjalankan Komputasi numerik berkecepatan dan bervolume tinggi.
2. Menyediakan Komunikasi cepat dan murah antar perusahan
3. Mengotomasi perkerjaan dalam proses bisnis yang semi otomatis atau manual.
4. Menyimpan Informasi dalam jumlah besar dengan akses mudah dalam ruang yang kecil.
5. Memungkinkan akses cepat dan murah kebanyak informasi diseluruh dunia.
6. Memudahkan Interprestasi data.
7. Memungkinkan komunikasi dan kerjasama dimana saja dan kapan saja.
8. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok di satu tempat atau dibeberapa lokasi, dimana saja.
9. Memudahkan pekerjaan dalam lingkunnga yang berbahaya.


Model Bisnis dalam Ekonomi Digital


Model Bisnis adalah  metode menjalankan bisnis yang memungkinkan perusahaa menghasilkan pendapatan untuk kelangsungan hidupnya. Model menggambarkan bagaimana perusahaan memberi nilai tambah thp produk/jasanya yang bersedia di bayar oleh pelanggannya.


5 Contoh model bisnis :


1. Menawar dengan Lelang Terbalik 
melalui permintaan harga penawaran (request for quote – RFQ), pembeli akan memberitahukan keinginan untuk menerima penawaan dengan harga tertentu, dan penjual akan melakukan penawaran atas transaksi tersebut.
Contoh General Electric Coprporation (gxs.com).


2. Pemasaran Terafialiasi 
adalah kesepakatan yang memungkinkan para mitra pemasaran menempatkan banner iklan untuk sebuah perusahaan dalam disitus web mereka. Tiap pelanggan menekan banner (spanduk) tersebut hingga beralih ke situs pengiklan, dan melakukan pembelian, maka pengiklan akan membayar komisi 3 s.d. 15% ke situs host.


3. Pembelian Kelompok 
Biasanya perusahaan membayar lebih sedikit perunitnya jika membeli lebih banyak unit. Dengan menggunakan konsep pembelian kelompok, maka pembelian dari beberapa pembeli diagregasi, perusahaan kecil atau bahkan individu dapat memperoleh diskon. Contoh: etrana.com dan usallc.com.


4. Pasar elektronik (e- marketplace) adalah pasar tempat pembeli dan penjual menegosiasikan harga secara online. Konsep ini memperkenalkan efisiensi operasional untuk perdagangan, dan jika dikelola dengan baik, dapat memberika keuntungan bagi pembeli dan penjual. Contoh : chemconnect.com dalam bidang bahan kimia dan covisint.com dalam industri otomotif.


Tekanan bisnis, respon organisasional dan dukungan TI


a.Tekanan Bisnis
• Tekanan Pasar
• Perekonomian global dan persaingan ketat
• Perubahan sifat tenaga kerja
• Pelanggan yang kuat posisinya
Tekanan Teknologi
• Inovasi dan ketertinggalan teknologi
• Luapan informasi
Tekanan Sosial
• Tanggung jawab sosial
• Masalah etika
• Regulasi dan Deregulasi pemerintah
• Perlindungan dari serangan teroris


b.Keunggulan kompetitif dan sistem informasi strategis
1. Persaingan Antar sesama Perusahaan 
2. Ancaman Pemain Baru
3. Ancaman Produk Pengganti
4. Daya Tawar Pelanggan 
5. Daya Tawar Pemasok


c.Ancaman Pemain Baru 
• Daya Tawar Pemasok
• Ancaman Produk Pengganti
• Daya Tawar Pelanggan




d.Persaingan Antar sesama Perusahaan 


• Kepemimpinan dalam biaya
• Diferensiasi
• Inovasi
• Persekutuan
• Pertumbuhan
• Relung pasar
• Aliansi
• Efektifitas operasional
• Oreintasi pada pelanggan
• Waktu
• Halangan masuk
• Mengikat pelanggan atau pemasok
• Meningkatkan biaya beralih




e.Dukungan TI untuk Strategii Bisnis


Kepemimpinan dalam biaya
 Biaya Lebih rendah
 Gunakan IT utk mengurangi sacara mendasar biaya proses bisnis.
 Gunakan IT utk menurunkan biayapelanggan atau pemasok
Diferensiasi
 Kembangkan berbagi fitur TI baru untuk melakukan diferensiasi produk dan jasa
 Gunakan Fitur TI untuk mengurangi Keunggulan direfensiasi para pesaing
 Gunakan berbagi fitur TI untuk memfokuskan diri pada ceruk pasar yang dipilih
Inovasi
 Buat produk dan cara baru yang memasukan berbagai komponen TI
 Kembangkan pasar baru atau ceruk pasar yang unik dengan bantuan TI
 Buat perubahan radikal atas proses bisnis dengan TI yang secara dramatis akan memangkas biaya, peningkatan kualitas, efisiensi atau layanan pelanggan atau mempersingkat waktu ke pasar.




Sistem Informasi Strategis
 Adalah sistem yang membantu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif melalui kontribusinya pada tujuan strategis perusahaan dan atau kemampuanya untuk secara significant meningkatkan kinerja atau produktifitas.
 Sistem Informasi Strategis melalui kemampuannya dapat mengubah cara berbisnis, tujuan, proses, produk, atau hubungan lingkungan untuk membantu perusahaan mendapat keunggulan kompetitif atau mengurangi kelemahan bersaing


Keberhasilan dan kegagalan TI


Keberhasilan
 (pelayanan meningkat, omzet perusahaan meningkat dan perusahaan berkembang pesat.)
 Los Angeles Lakers (nba.com/lakers/), Burlington Northern Railroad, Ritel musik (Bestbuy.com, towerecord.com, werehouse.com), P&G, Merril Lynch.com, Metlife.com
Kegagalan
 Bug membuat pesawat tidak dapat mengudara di jepang; Saving and Loan Association (washingtonfederal.com) makin sedikit TI makin menguntungkan.


Peluang Berkarir dalam TI


• Manajer Informasi (Chief Information Officer—CIO)  Tingkat tertinggi dan bertanggung jawab atas perencanaan startegis perusahaan.
• Manajer pusat informasi  mengelola layanan SI, contoh sebagai help desk, hotline, pelatihan dan konsultasi
• Manajer pengembangan aplikasi  mengkoordinasikan danamengelola berbagai berbagai proyek pengembangan sistem baru
• Manajer proyek  Mengelola pengembangan proyek baru.
• Manajer sistem  Mengelola sistem tertentu yang ada.
• Manajer operasional  mengawasi operasi rutin pusat data dan komputer
• Manajer pemrogramn  mengkoordinasikan semua usaha pemrograman aplikasi
• Analis sistem  perantara pengguna daan pemrogram; menentukan kebutuhan informasi dan spesifikasi teknis untuk aplikasi baru.
• Programmer system.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates