Sunday 16 October 2011

Konsep Dan Manajemen Teknologi Informasi


KONSEP DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI


Konsep Sistem Informasi 


          Konsep sistem informasi adalah Sekumpulan orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi dan data yang saling terkait dan bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, dan pengendalian.


          Sebagai bidang studi, SI menjembatani bidang usaha multidisiplin dan ilmu bidang komputer yang berkembang menuju disiplin ilmu baru.
Sebuah sistem informasi disiplin karena itu didukung oleh dasar-dasar teoritis informasi dan perhitungan sehingga mahasiswa memiliki kesempatan unik untuk mengeksplorasi akademisi berbagai model bisnis serta proses algoritmik yang terkait dalam disiplin ilmu komputer.
Biasanya, sistem informasi orang, prosedur, data, perangkat lunak, dan perangkat keras yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi digital.


Infrastruktur TI

  • Dalam teknologi informasi dan Internet, infrastruktur perangkat keras (fisikal) yang digunakan untuk menghubungkan komputer dan pengguna.
  • Infrastruktur mencakup media transmisi, termasuk saluran telepon, saluran televisi kabel, dan satelit dan antena, dan juga router, repeater, dan perangkat lain yang mengontrol jalur transmisi.
  • Infrastruktur juga mencakup perangkat lunak yang digunakan untuk mengirim, menerima, dan mengelola sinyal yang ditransmisikan.
  • Namun, untuk beberapa pengguna teknologi informasi, infrastruktur dipandang sebagai segala sesuatu yang mendukung aliran dan pengolahan informasi.
  • Perusahaan infrastruktur memainkan peran penting dalam mengembangkan internet, baik dari segi interkoneksi ,akses dan kecepatan akses informasi.



Seperti apa infrastruktur TI yang ideal?
TI menjadi key operational
TI menjadi competitive advantage
TI menjadi key enabler


Mainframe dan Lingkunganya

  • Mainframe adalah komputer yang berukuran besar dan kuat yang digunakan terutama oleh organisasi-organisasi besar untuk aplikasi kritis.
  • Mainframe memiliki prosesor lebih dari satu, sehingga lebih cepat dibanding dengan mini komputer.
  • Mainframe secara umum membutuhkan ruangan yang besar dan khusus dimana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapatlah dimonitor.



PC dan Lingkunganya

  • Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal).
  • Keunggulan harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer.



Software applikasi personal komputer 
Contoh :


word processing,spreadsheets, databases, Web browsers dan e-mail clients, games, and software applikasi khusus.
computer pribadi modern biasanya memiliki koneksi ke Internet, memungkinkan akses ke World Wide Web dan berbagai sumber daya lain.
Contoh : Desktop ,Notebook/ Laptop, PDA/ Pocket Computer


Midrange computer atau komputer mini
Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer.
Umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user).
Contoh Komputer mini: IBM AS-400


Distributed Computing

  • Komputasi terdistribusi adalah bidang ilmu komputer yang mempelajari sistem terdistribusi.
  • Sistem terdistribusi terdiri dari beberapa komputer otonom yang berkomunikasi melalui jaringan komputer.
  • Komputer berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.
  • Program komputer yang berjalan dalam sistem terdistribusi disebut program terdistribusi.
  • Fungsi sistem terdistribusi untuk memecahkan masalah komputasi.
  • Dalam komputasi terdistribusi, masalah dibagi menjadi banyak tugas, masing-masing yang diselesaikan oleh satu komputer.
  • Tujuan dari komputasi terdistribusi adalah menyatukan kemampuan dari sumber daya (sumber komputasi atau sumber informasi) yang terpisah secara fisik, ke dalam suatu sistem gabungan yang terkoordinasi dengan kapasitas yang jauh melebihi dari kapasitas individual komponen-komponennya.



Arsitektur Peer-to-peer (P2P)

  • Peer-to-peer (P2P)
  • adalah arsitektur aplikasi terdistribusi yang tugas atau beban kerja sama rata.
  • Memiliki derajat yang sama antara komputer satu dengan yg lainya.
  • Fungsionalitas Web Based



Web applikasi
adalah aplikasi yang diakses melalui jaringan seperti Internet atau intranet.

  •  Aplikasi perangkat lunak yang di-host di lingkungan browser yang dikendalikan (misalnya Java applet), atau dikodekan dalam bahasa browser yang didukung (sepertijavaScript,dikombinasikan dengan bahasa browser-diberikan markup seperti HTML) dan bergantung pada browser web umum untuk membuat aplikasi dieksekusi.
  •  Aplikasi web yang umum seperti webmail, penjualan ritel online, lelang online, wiki , yahoo Mail, GMail, Google search engine, Friendster, YouTube, Flickr, WordPress, dan lain sebagainya.
  •  Ritel Online biasa disebut E-commerce





Internet-Intranet-Extranet


Internet 
adalah Intercenneted network atau lebih dikenal dengan sebutan internet adalah sebuah sistem komuniasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.
Fasilitas Internet
Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, 
bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling 
berhubungan satu sama lain.
Untuk memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ,Netscape atau Mozilla firefox.
E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini Anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di
internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment).
Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat. 


Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP
Digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh.
Komponen-komponen intranet :
 Aplikasi browser ( internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape)
 Komputer server
 Perangkat jaringan
 Protokol TCP/IP
 Bahasa pemrograman (html, php, mysql , dll)
 Komputer client
 Kerangkat bantu pengembang


Extranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.


System E-Commerce

  • e-commerce secara umum dapat diartikan sebagai proses transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet.
  • Menurut Mariza Arfina dan Robert Marpaung e-commerceatau yang lebih dikenal dengan e-com dapat diartikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara onlineatau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan "get and deliver“
  • E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran/penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik (Munir Fuady, 2005 : 407).



Faktor Pendukung E-Commerce

  • Cakupan yang luas
  • Proses transaksi yang cepat
  • E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.
  • E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.
  • E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat



Grid Computing atau Komputasi Grid merupakan salah satu dari tipe Komputasi Paralel, adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer terpisah secara geografis namun tersambung via jalur komunikasi (termasuk Internet) untuk memecahkan persoalan komputasi skala besar.
Setiap user harus memiliki account login untuk mengakses semua sumber daya.
Sumber Daya dapat dimiliki oleh organisasi lain. Biasanya dikelola oleh gridware
Gridware can be viewed as a special type of middleware that enable sharing and manage grid components based on user requirements and resource attributes (e.g., capacity, performance, availability…)

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates